motifasih, da'wa dan artikel pengalaman

MENGIKUTI PELATIHAN MEDIA DAKWAH (hippmash)

halo sobat blogger hari ini saya ingin membagikan sebuah pengalama yang sangat bermanfaat buat kita semua hari sabtu tanggal 18-19 februari saya mengikuti sebua pelatihan media dakwah di villa permata resort desa cikaresmi cipanas sampai selesai tetapi kita berangkatnya sejak malam saptu/jumat malam setelah sholat isya sekitar jam 09;30. yang melagsanakan adalah himpunan pemuda pelajar masjid al ikhlas (HIPPMAS)

awalnya ketika sore hari saya menikmati sore hari di atas kasur di dalam kamar sambil main facebook tiba-tiba muncul di halaman facebook saya facebook milik masjid al ikhlas jadti padang mebagikan info tentang pelatihan media dakwah di villa permata resort, saya pun langsung merespon dan menyimpan infonya dan langsung menghubugi pihak panitia dan saya cukup kecewa karena tidak diangkat telfon saya mungkin ada sekitar 5 kali saya menelfonya, ketika itu saya lagsung mengkomen info di akun masjid al iklas jati padang  di facebook dan saya pun tetap di sarankan menghubungi kontak panitia yang ada di brosurnya dan saya menjawab, saya sudah menghubunginya dan tidak diangkat-angkat adminya pun meberitahukan lewat komenya di facebook kalu daftarnya terakhir hari ini ketika itu saya menjawab sayang sekali kalu nga ikut akhirnya saya menghubung panitia yang di cantumkan di brosur dan tetap tidak dijawab saat itu pun saya mengangap kalu saya nga jadi ikut karena belum mendaftar/registrasi.

setengah jam kemudian saya menghubungi lagi pihak panitia dan alhamdulillah mereka mengankat telfonya dan saya langsung menanyakan apakah pendaftaranya masih buka dan mereka menjawab dan saya pun lang berangkat ke ATM untuk transfer uang pendaftaran sambil sholat magrib di masjid al ikhlas jati padang setelah sholat magrib saya duduk-duduk di pingiran masjik sambil main HP ketika itu saya langsung mebuka WA saya dan mengcek ulang informasi dari WA yang dari panitia, ternyata ketika saya mebaca ulang WAnya mereka meyebutkan jam 18 berkumpul di depan masjid al ikhlas jatipadang di dalam hati saya bertnya-tanya ini jam 18 hari ini apa besok pas hari saptunya akhirya saya bertanya ulang ke panitia ini kapan berabgkatnya apakah ini malam atau besok mereka menjawab setelah beberapa menit katanya berangkat hari ini saya pun sedikit panik kalu malam itu berangkat karena persiapan saya belum ada, saya langsung meninggalkan masjid untuk pulang ke rumah yang berjarak dari masjid sekitar 800 meter dari masjid sambil berlari-lari sedikit karena takut ketinggalan nantinya karena pelatihan ini sangat bagus dan bermafaat kedepanya buat saya.


setiba dirumah saya langsung mebereskan barang yang harus saya bawa yang telah di infokan oleh panitia lihat gambar diatas sebelah kanan. beberapa menit kemudian saya langsung memesan ojek online untuk kemasjid jati padang karena tarifnya murah nga lebih dari 10 rb beberapa menit kemudian ojek onlinenya datang saya pun naik di motor dan berangkat ke masjid jati padang tempat berkumpul sebelum berangkat setiba di depan masjid abang ubernya nga punya uang kecil ketika itu uang saya 50 Rb abang tukang ojek online itu cuma punya uang receh 30 ribu terpaksa deh saya bayar 20 ribu karena saya kira saya sudah telat dan tidak bisa untuk tukar uang dulu tapi sudahlah memeng kalau menuntut ilmu itu mahal dan harus di cari.

setiba saya di depan masjid ternyata belum ada orang-orang, saya pun bertnaya ke pada penjaga keamana di parkiran kalu tadik disini sudah banyak yang ngumpul. kata penjaga keamana belum ada busnya masih nunggu di depan taman dan panitianya masih menunggu di atas lantai dua ruwag ibadah masjid. panitianya belum saya kenal dan di lantai dua itu banyak orang yang beribadah jadi saya turun lagi menunggu dibawah sambil main hp.

suara azan isya pun di kumdangkan masuklah WA dari pantia kurang lebih seperti ini sholat dulu baru kita berangkat pada saat itu saya langsung mengambil wudu untuk menunaiakn sholat isya secara berjama di masjid al ihklas jati padang lantai dua.

setelah sholat saya menghubungi panitia untuk kumpul di mana, beberapa saat setelah WA dengan panitia saya bertemu salah satu panitia di lantai bawa dan saya di suruh masuk di sebuah ruangan di lantai satu masjid mungkin itu ruang sekertariatan mereka sambil menunggu peserta lainya datang. kami menunggu sekitar setengah jam sambil kenalan-kenalan peserta lainya setelah itu kami ber jalan kebus kurang lebih 300 meter dari masjid kami berangkat sekitar jam 09:30 malam dan tiba ditujuan jam 12 malam.

hari pertama di villa permata resto kami mendapatkan materi "peran pemuda dalam dakwah media" yang dibawakan oleh Trio Edho Adha ketua hipmas saya mendapatkan ilmunya dari materi nya yatu
  • mengajarkan apakah kita sudah berpernag penting terhadap pemuda sekitar lingkungan kita
  • fungsi media sosial terhadap pemuda
  • 4 rukun pemuda 
  1. iman 
  2. ikhlas 
  3. semangat 
  4. berkorban
  • memotivasi untuk menulis di media tentang dakwah atau kegelisahan kita
  • kita harus memiliki targed kedepan 
kurang lebih seperti itu poin-poin yang saya pahami dari materi yang beliau bawakn 

setelah itu materi kedua yang bertema dakwah media melalui filem pendek yang dibawakan oleh bapak lucky Surandoko seorang praktisi filem ada pun materi yang beliau sampaikan 

1. perkenalan teori pembuatan filem klu kita suada menguasai ini berarti insyaallah kita bisa buat filem



  • tipe pengabilan gambar
  • camera angel
  • lensa
  • komposisi
  • durasi
  • camera move ment
  • transisi
2. tahap penulisan sebelum mebuat filem
  • sinopsis
  • treatment
  • sekenaryo
  • breakdown 
  • anggaran
  • pra prroduksi
  • produksi
3. perkenalan filem pendek dan filem panjang 
4. langsung praktek membuat filem pendek yang berdurasi 5 menit
kurang lebiseperti itu poin-poinya beliau sampaikan dan sangat bermanfaat di dunia perfileman

materi ketiga yang bertemakan "mengenal jens media dan audience yang dibawakan oleh Dr. Sri Mustika,M,SI. meperkenalkan bagaiamana media yang bagus untuk berdakwah dan target pembaca dan jenis media sosial 

selama 2 hari mengikuti pelatihan media dakwah sangat mengesankan, bertambah pula ilmu kami tentang betapa pentingnya kita ummat isalam untuk mengunakan media sebagai sara dakwah yang man orang-kafir gencar menyebarkan gazul fikri melalui media dan kita sebagai pemuda islam harus memberantas semuanya dan langsung membuat filem pendek yang harus bernilai dakwah



sekian tulisan pengalaman saya yang telah mengikuti pelatihan media dakwah yang dapat memotifasih kita untuk selalu menuntut ilmu semoga bermanfaat dan terimah kasih sudah mau mebacanya salam sukses semua semoga kita semua menjadi orang yang bermanfaat banyak orang, semoga cita-cita kita terwujudkan dan di ridohi, berkati oleh Allah swt amin
by ahsan


Tag : motifasih
0 Komentar untuk "MENGIKUTI PELATIHAN MEDIA DAKWAH (hippmash)"

Back To Top